SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usahanya

DPM-PTSP - Mulai tahun 2017 Surat izin usaha perdagangan (SIUP)  ini tidak perlu perpanjangan, karena SIUP berlaku selamanya sepanjang usaha milik masyarakat masih ada dan tidak ada perubahan.

Kepala Bidang Perizinan Jasa Usaha  Dra Yuni Khairani Msi dalam acara Sosialisasi Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banyuasin dikantor Camat Banyuasin I Mariana.

Dijelaskan Dra Yuni Khairani Msi menjelaskan , SIUP berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 64 tahun 2017 menegaskan bahwa SIUP tidak mesti di perpanjang.

"Kalau SIUP usaha masyarakat bila habis masa berlaku tidak perlu di perpanjang lagi , kecuali berubah jenis usahanya,memperbesar atau memperluas atau digabungkan,maka SIUPnya perlu di perbaharui,"katanya.

"Artinya, kalau usahanya seperti semula tidak perlu diperpanjang. Dimana kalau dulu SIUP ini berlaku 5 tahun dan mesti di perbaharui, dengan terbitnya Permendag nomor 64 tahun 2017 sekarang SIUP tidak di perpanjang kalau usahanya tidak berubah,"jelasnya.

Didampingi Zainal Abidin dari bidang Penanaman Modal, Iskandar perizinan Tertentu, dan Ardi terkait pengaduan masyarakat, Mantan Sekcam Banyuasin III menerangkan bahwa Perizinan Jasa dan Usaha tidak terlepas dari izin usaha tertentu, dimana proses izin jasa dan usaha sifatnya menunggu.

"Sebelum kita memproses SIUP atau Tanda daftar Perusahaan (TDP),  tentu diawali IMB, dan izin gangguan, kalau itu selesai baru kita proses SIUPatau TDP. Maka Perizinan Jasa dan Usaha tidak bisa terlepas dari izin usaha tertentu,"terangnya.

Perizinan dan non perizinan kata Yuni merupakan bukti atau legalitas sesorang untuk kemudahan mendapat izin lain, dimana sifatnya mendukung.

"Perizinan jasa usaha ada 17 perizinan dan semuanya gratis. Mulai dari izin prinsip, SIUP, Surat Usaha Jasa Konstruksi (SUJK), izin pariwisata (Panti pijat urut Tradisional dan PPUM),"katanya.

Dan Pemkab Banyuasin jelas Yuni memberikan kemudahan perizinan salah satunya dengan
pelimpahan perizinan di kecamatan (Paten).

Kamis, 21 September 2017

Buat Perijinan Online - Dimanapun dan Kapanpun
Buat Perijinan Online - Dimanapun dan Kapanpun Buat Perijinan Online - Dimanapun dan Kapanpun Buat Perijinan Online - Dimanapun dan Kapanpun

Kantor Kami

  • Jl. Palembang-Betung Km. 45 Kelurahan Mulya Agung, Pangkalan Balai, Sumatera Selatan, Indonesia - 30753
  •   0711-891216 | 0711-891216
  • admin@dpm-ptsp.banyuasinkab.go.id

Info Tambahan